ANALISIS MASA DEPAN GRUP FACEBOOK WANASABA HARI INI

Oleh:Lalu Fadli Gillardino Rahman
PP AMAK SUKABAGIAN KETIGA: ALTERNATIF SOLUSI

#baca juga bagian pertama, kedua

Tiang mau nyaur otang ne buat Admin yang Unyu-Unyu, Cucok-Cucok, Rempong-rempong dan gagah-Gagah..

Rewind:

MASALAH
1. Group ini terlalu BEAK/BARET ORONG-CENTRIS, artinyaaa..kesannya group ini milik orang beak dan sekitarnya baik dari membernya yang sebagian besar muncul dari beak atau baret orong…sehingga gaya bahasa yang digunakan (posting, komen…dll) juga khas banget lah Beak/Baret Orongnya itu..kental banget.
2. WANASABA HARI INI… inilah yang belum terasa hingga sekarang ini..harapan group ini sebagai corong utama dalam memberikan berita di Wanasaba yang tentunya UP TO DATE belum terasa. sayang sekali kalo group ini tidak diarahkan ke arah group yang bersifat informatif sesuai namanya : WANASABA HARI INI!

SOLUSI
Cara yang paling rasional untuk menjadikan group ini sebagai corong utama informasi Desa Wanasaba terkini untuk saat ini adalah membentuk Tim Sub-Admin.

A. Tim Sub-Admin ini akan dibentuk berdasarkan regional yang akan disesuaikan dengan dengan dua alternatif sebagai berikut:

1. Alternatif pertama, Tim Sub-Admin akan ditentukan berdasarkan jumlah Gubug, artinya Sub-Admin yang akan dicari sebanyak jumlah gubug di desa wanasaba dan tiap Sub-Admin harus berasal dari gubug tersebut untuk memudahkan akses berita terkini dan informasi lainnya, misal:
-Satu Sub-Admin Baret Orong dari Baret Orong
-Satu Sub-Admin Jorong dari Jorong
– Satu Sub-Admin Gelem dari Gelem
-Dan seterusnya…

2. Alternatif kedua, Jika Admin merasa jumlah sub-Admin terlalu banyak dan merasa susah untuk dicari, maka Sub-Admin bisa disiasati dengan faktor kedekatan regonal atau wilayah. Misal:
-Satu uSb-Admin untuk menghandle Baret-Orong dan Beak
-Satu Sub-Admin untuk menghandle Jorong dan Bale Beleq
-Satu Sub-Admin untuk menghandle Sekitar Peken dan Urat Tengak dan sekitarnya
-Satu Sub-Admin untuk menghandle Gelem dan Bagek Anjar
-Dan seterusnya…

B. Ktriteria Sub-Admin adalah sebagai berikut ini:

1. Berdomisili di Wanasaba, Asli Wanasaba (kalaupun tidak di wanasaba, tapi tetap rutin ke wanasaba misal untuk kasus sedang kuliah di Mataram dll)*
2. Memiliki perangkat pendukung untuk online 24 jam, bisa laptop, PC, atau smartphone dll.*
3. Komitmen yang tinggi untuk menjalankan tugas, ga perlu pinter yang penting komitmen kayak Jokowi itu, dan ini yang paling penting*
4. Diutamakan yang gaul, jaringan luas, suka nongkrong dan bahkan kalau bisa sering dan suka bergosip ria -> soalnya pasti update orang-orang kayak gini ni**
5. Tinggi minimal 170 centimeter dan Berpenampilan menarik***

*Harus
**Tidak harus tapi diutamakan
***Ga perlu lah ya >_<”

C. Apa tugas Sub-Admin:

1. Melakukan upadate terkait apa berita yang paling terkini atau sedang terjadi atau berta yang paling banyak dan hangat dibicarakan oleh warga di wilayahnya masing-masing, bisa masalah yang berat-berat, seperti politik, ekonomi, sampai berita ringan seperti kecelakaan pin lurung bahkan ‘ai ke megat bareng awana’ juga bisa diangkat sebagai berita.
2. Update berita atau informasi setiap hari, minimal satu update-an. Apa saja asalkan memuat nilai berita.
3. Membuat tanda, bisa Slashtag (#) atau tanda apa saja untuk menandai berita ini dari Sub-Admin wilayah mana untuk kejelasan semata. Misalnya:

“Papuq Icot megat dengan papuq ambat”
‪#‎Sub-Admin Gelem
“Tabrakan deket Saufiyah , bruk lalok sekitar jam 2 siang, dari 5 penumpang, yang meninggal malah 100 orang” Hikkikkk (misaaaal… )
#Sub-Admin Beak

*Pertama, Hal ini diperlukan sebagai kejelasan jika peristiwa tersebut bisa saja dekat lokasi kejadiannya dengan domisili atau tempat tinggal si Admin, agar orang tidak perlu lagi bertanya ini kejadiannya dimana atau yang lainnya. Kedua, ini bisa sebagai assessment (penialian) dari Admin untuk mengetahui Anggota Sub-Admin yang aktif dan berkomitment dalam menyampaikan informasi desa terkini dan mana Sub-admin yang jarang atau malah tidak pernah updtae berita. Hal ini bisa dijadikan dasar dari Admin untuk bertindak tegas kepada Sub-Admin tersebut, bisa diperingati, dan diberhentikan dan mencari pengganti yang lebih berkomitmen.

————————————————————————————

Oke lah…Sudah ada Blueprintnya.. Ditunggu kerja keras para Admin untuk mencari Sub-Admin yang terbaik untuk lolos audisi ini.

Tapi sebelum dipilih, ada baiknya kita berdemokrasi ria dulu.. Silahkan Admin menawarkan kepada member bagi siapa saja yang merasa telah memenuhi sayarat kriteria di atas, jangan malu-malu atau gengsi untuk menawarkan diri demi kemajuan desa kita bersama ya wahai para member . Hituung-hitung ini adalah ibadahpe pada semoga di terima di sisi-Nya..Setelah itu keputusan ada di tangan Admin.

Kalau belum ada yang mengajukan diri, segera Admin menelusuri keberadaan mereka, awek, bintit, jemit, trus embot mereka di mana saja berada.

INGAT!!!

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.

Dan mungkin sudah saatnya anda, kita menjadi bermanfaat

Jangan menunggu rebak
Jangan menunggu kebalik
Sudah saatnya melebarkan sayap

Salam Sejahtera

comments