ANTARA HARAPAN DAN TINDAKAN (BETWEEN HOPE AND ACTION)

Oleh: Baiq Hijjatul Khaer Fitrianinggih
Baiq Hijjatul Khaer FitrianinggihAssalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Tulisan ini bukan sekedar tulisan, tapi sebuah curhatan seorang perindu kedamaian,,hhhhh
check this out !

Wanasaba. Tak terasa sudah 22 tahun aku bernaung di bawah langit wanasaba. Banyak cerita, suka, dan duka yang datang menghampiri. Hadapi. Ya itu kata yang sangat tepat untuk menggambarkan keadaan dimana suka dan duka itu mulai mendekat. Kita tak akan pernah tau kita mampu atau tidak jika kita tidak hadapi, apapun itu. Terkadang dalam benak ini, sering muncul imajinasi – imajinasi liar tentang bagaimana aku dan wanasaba ini. Tentang harapan. Tentang mimpi. Mimpi besar untuk Wanasaba. Sebelum itu, aku ingin mengungkapkan beberapa (mungkin) kekecewaanku akan tanah Wanasaba ini.

Pertama, pemudanya keliatan kurang kompak dan terkesan tak ada semangat muda.
Kedua, ada gape (jarak) antara yang tua dan yang muda, terlihat tak ada dukungan dari yang tua.
Ketiga, kebanyakan ibu – ibu rumah tangga menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bergosip.
Keempat, sikut – menyikut antar keluarga karena warisan yang gag jelas.
Kelima, talk more do less.
Keenam, sarana dan prasarana untuk menunjang pendidikan sangat minim.
Ketujuh, prinsipnya yang seolah-olah tua dulu baru taat.
Dan sebenarnya masih banyak lagi, laguk nene ka njulu.

Truz, setelah aku amati ada kekeliruan pada beberapa kekecewanku. Ternyata ada beberapa sekelompok pemuda yang punya misi untuk membangun Wanasaba dengan kreatif, inovatif, dan progresif. Mereka tampil untuk mengajak pemuda – pemudi Wanasaba membuka pikiran untuk bisa memberikan ide – ide segar demi majunya Wanasaba ini, ya meskipun mereka bergerak di dunia Cyber. Salah satunya dengan mengadakan lomba design dan tulis.

Beralih ke beberapa kekecewaan tadi, muncullah harapan – harapan untuk setidaknya mengurangi bahkan merubah pandangan – pandangan negative itu. Hehe.

Ini adalah beberapa harapan ku :
Membentuk suatu forum aktif yang dapat mengcover segala bidang minat yang mungkin akan diminati oleh pemuda dan pemudi ataupun anak anak. Misalnya bidang olahraga, music, pendidikan, de el el. Mengadakan pengajian rutin khusus buat perempuan (becik, belek, sugi, derek). Talk less do more (yak ta ula luek lalok ngeraos, kerjanta i perlu )
Aktifkan perpustakaan desa Wanasaba (ta budayaang ya membaca no, IQRA’, bacalah),..

Semoga harapanku di atas bisa terwujud di tahun 2014 ini. Tahun baru berbanding lurus dengan semangat baru. Dan, harapan – harpan lek atas nono yak na mungkin terwujud mun yak narak dukungan kanca kerjasama lekan epe pada, semeton – semeton tiang. Yak tiang peduli ita dengan wanasaba lauq atau daya, kita satu ya Wanasaba. Mun yak ita jak, ai ta gin ta andelang ?
antah tene sang juluk tulisanta pin kesempatan nene (curhat sik ta). Matur tampiasih tipak seluruh panitia penyelenggarana, mudahan berjalan lancar dan terus berkembang.

Dan akhirnya “SELAMAT TAHUN BARU WANASABA 2014” Mudahan tahun 2014 ini adalah tahun keberkahan dan kedamaian untuk Wanasaba khususnya.

Untuk kritik dan saran, silaq pe pada layangkan tipak alamat nene
fitrianinggih@ymail.com

dan mun pe berminat ngunjungin blog ta ndah
http://www.fitrianinggih.wordpress.com/

Salam Semangat dan Kreatif Pemuda Wanasaba !

comments