Bebalu Inges:Janda Kembang

Hola para janda yang saat ini sedang begecok bawang atau sibuk dengan tugas kampus yang membuatnya memutar otak. Untuk selalu bisa memberikan perhatian kepada buah hatinya. Semoga anda semua baik-baik saja, dan dalam kondisi yang merindukan sesosok pria yang baik hati dan menerima apa adanya akan dirimu.

Menurut ane, tidak ada orang yang sudah membangun rumah tangga di dunia ini, pengen bercerai, dan… pasti-lah juga kebanyakkan orang tentu menginginkan sebuah pernikahan hanya satu kali dalam seumur hidupnya. Tetapi kadang-kadang orang yang seperti mereka beserta situasi yang mereka alami dan rasakan, tidak-lah semudah itu. Perceraian terkadang menjadi solusi terbaik di antara yang terburuk.

Di negara ane tercinta yang penuh ragam budaya ini, hidup dengan status duda itu jauh lebih mudah dari pada dengan status janda, karena seringnya dengan status janda berarti membuat hidup menjadi seperti di neraka dunia saja. Semua cap-cup negatif seolah-olah memang telah menjadi embel-embel dan seolah-olah dengan otomatis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari status tersebut. Tidak perduli sebaik, setulus, sesopan apa pun yang para janda lakukan.

one piaceKarena sering sekali kacamata yang dipakai untuk melihat para janda adalah kacamata hitam, jadi apa pun yang di perbuat akan selalu tampak sama, hitam serta negatif. Bahkan khusus untuk janda sudah disematkan warna khusus ungu yang identik dengan janda. Hahaha, asuk jamak…

Tapi jika kita bahas dengan warna ungu yang di anggap sangat-lah identik dengan janda, sebenarnya kita sendiri dapat menganalogikan itu, adalah warna dari sebuah terong ungu. Jadi jika ane menganalisis secara cepat dan berdasarkan kenyataan yang ada menurut ane sendiri, maka kronologisnya mungkin ketika seorang janda sedang membeli terong panjang berwarna ungu di sebuah pusat perbelanjaan..gkgkkgk

Kemudian masyarakat awam dengan guyonannya, yang khas menganalogikan bahwa seorang janda yang membeli terong ungu itu sedang merindukan sesuatu yang berbentuk terong berwarna ungu[?]. Bisa engkau pikirkan sendiri apa yang bentuknya mirip dengan terong ungu[?]. Nah mungkin sejak saat itulah warna ungu menjadi sebuah analogi perumpamaan warna khas dari Seorang janda. Ini kan hanya sekedar pemikiran pendek saja, tanpa referensi dan penelitian mendalam, tapi berdasarkan fakta yang kebetulan dan pendapat cuap-cuap.

Ane juga sering mendengar hal yang seperti ini, dimana para janda sering di anggap sebagai perempuan “liar” yang kerjanya hangout setiap malam[?]. Kemudian tidur bersama para lelaki yang mereka temui[?]. Maka dari itu ane sangatlah tak habis pikir akan tanggapan masyarakat awam yang keterlaluan seperti itu. Mereka seakan sok tahu kehidupan sehari-hari para janda inges, dan terkesan terlalu gampang memvonis kehidupan sang jandanya.

Sebenarnya ane tidak menampik hal itu kalau banyak para bebalu melakukan hal-hal negatif seperti yang ane bicarakan tadi, merebut suami orang, genit, agresif, liar, tidak sopan dan lain-lainnya. Tetapi di sisi lain, ane juga tidak jarang melihat perempuan-perempuan yang bersuami atau yang belum menikah juga melakukan hal yang sama seperti mereka. Yo’a,,,

Dan kalau mau membuka hati dan mata, pasti-lah kita banyak melihat janda- janda yang hidupnya baik-baik sangat. Bekerja keras untuk menghidupi dirinya dan keluarganya. Enggak berpikir macem-macem dan melakukan hal-hal yang katanya melanggar norma-norma masyarakat. Sehingga menurut ane, semua tergantung dari masing-masing pribadi orangnya dan bukan statusnya.

Tapi kalaulah memang status mereka dan perempuan sejenis mereka merupakan sebuah aib dan mengganggu dinamika sosial masyarakat, maafkanlah mereka dan masa lalunya. Dan kemudian terimalah apa adanya mereka, perlakukan-lah mereka lebih manusiawi, perempuan sewajarnya yang indah mempesona, toh juga mereka adalah manusia lembut nan perempuan halus, bukan mahluk gaib. Lihat-lah mereka dengan kacamata yang lebih terang, atau lihat-lah mereka bukan mulai dari sisi statusnya jandanya saja.

Wassalam..
Salam manis dari ane untuk para bebalu inges, keeps smile.. yoa

comments